Frontier Technology

Giladiskon Capai Satu Juta Followers

By May 31, 2019 No Comments
giladiskon

Ada tiga hal yang membuat orang suka berkumpul: makan gratis, groufie (group selfie), dan diskon. Yang terakhir ini, kebanyakan digandrungi oleh perempuan. Sebenarnya berapa potensi pasar para pemburu diskon di Indonesia?

Fandy Santoso, CEO Giladiskon, menyatakan bahwa potensi maksimal para pemburu diskon di Indonesia bisa mencapai 75 juta jiwa. Perhitungan ini berdasarkan jumlah pengguna aktif media sosial di kota besar.

Fandi Santoso, CEO Giladiskon

“Pangsa pasar kami kan memang generasi milenial. Mereka adanya di mana? Media sosial. Maka, platform kami dan akun instagram kami bisa organic growth, cepat sekali tumbuhnya, dari 10.000 di akhir 2017, menjadi 600.000 di akhir 2018, dan sekarang sudah 1,3 juta follower,” kata dia.

Perusahaan sendiri ingin “mengikat” followers ini dengan program GD+, fitur yang memungkinkan pengguna mendapatkan lebih banyak diskon. Cukup dengan membayar Rp100.000, pengguna bisa menikmati diskon selama satu tahun. Program yang baru diluncurkan sepekan ini sudah diikuti oleh 500 followers. Inginnya, dalam waktu 2-3 tahun, semua follower mereka sudah mengikuti program GD+.

Ditambahkan Fandy, karakteristik mereka umumnya gampang mendatangi lapak brand-brand ternama. Semakin besar sebuah brand, kemungkinan mereka akan mengunjungi saat ada promo di brand tersebut semakin tinggi karena orang lebih familiar. Namun, tidak selalu begitu. Holdak misalnya, dalam satu hari, pernah mem-posting satu konten yang dilihat oleh 1 juta followers.

Selain itu, mereka umumnya malas membaca. Maka, sebisa mungkin pemilik brand mengunggah konten dengan informasi yang jelas. Tidak mengandalkan caption semata.

“Kalau bikin konten, di-post sendiri harus sejelas mungkin karena targetnya orang Indonesia, (mereka) itu paling malas membaca. Kami pernah bikin tulisan gede, jelas-jelas tulisannya harga khusus Rp50.000. Masih tetap ada yang nanya ini harganya berapa min? Sudah segede itu saja, masih ditanya, jadi memang harus sejelas mungkin, informasinya harus cukup di gambar yang diunggah,” kata dia.

Giladiskon Capai Satu Juta Followers

Ada tiga hal yang membuat orang suka berkumpul: makan gratis, groufie (group selfie), dan diskon. Yang terakhir ini, kebanyakan digandrungi oleh perempuan. Sebenarnya berapa potensi pasar para pemburu diskon di Indonesia?

Fandy Santoso, CEO Giladiskon, menyatakan bahwa potensi maksimal para pemburu diskon di Indonesia bisa mencapai 75 juta jiwa. Perhitungan ini berdasarkan jumlah pengguna aktif media sosial di kota besar.

Fandi Santoso, CEO Giladiskon

"Pangsa pasar kami kan memang generasi milenial. Mereka adanya di mana? Media sosial. Maka, platform kami dan akun instagram kami bisa organic growth, cepat sekali tumbuhnya, dari 10.000 di akhir 2017, menjadi 600.000 di akhir 2018, dan sekarang sudah 1,3 juta follower," kata dia.

Perusahaan sendiri ingin "mengikat" followers ini dengan program GD+, fitur yang memungkinkan pengguna mendapatkan lebih banyak diskon. Cukup dengan membayar Rp100.000, pengguna bisa menikmati diskon selama satu tahun. Program yang baru diluncurkan sepekan ini sudah diikuti oleh 500 followers. Inginnya, dalam waktu 2-3 tahun, semua follower mereka sudah mengikuti program GD+.

Ditambahkan Fandy, karakteristik mereka umumnya gampang mendatangi lapak brand-brand ternama. Semakin besar sebuah brand, kemungkinan mereka akan mengunjungi saat ada promo di brand tersebut semakin tinggi karena orang lebih familiar. Namun, tidak selalu begitu. Holdak misalnya, dalam satu hari, pernah mem-posting satu konten yang dilihat oleh 1 juta followers.

Selain itu, mereka umumnya malas membaca. Maka, sebisa mungkin pemilik brand mengunggah konten dengan informasi yang jelas. Tidak mengandalkan caption semata.

"Kalau bikin konten, di-post sendiri harus sejelas mungkin karena targetnya orang Indonesia, (mereka) itu paling malas membaca. Kami pernah bikin tulisan gede, jelas-jelas tulisannya harga khusus Rp50.000. Masih tetap ada yang nanya ini harganya berapa min? Sudah segede itu saja, masih ditanya, jadi memang harus sejelas mungkin, informasinya harus cukup di gambar yang diunggah," kata dia.

Latest News

May 16, 2025 in Berita, Frontier Research

Frontier Research: Marketing Research Agency dengan Produk Andalan, Top Brand Index

Marketing research agency memiliki peran vital dalam membantu bisnis memahami perilaku konsumen, tren pasar, serta kekuatan dan posisi merek di tengah persaingan yang semakin ketat. Di era data-driven seperti saat…
Read More
May 8, 2025 in Berita, Frontier Research

Top 5 Marketing Research Indonesia Terbaik dengan Insight Mendalam

Marketing Research Indonesia - Marketing research atau riset pemasaran adalah proses sistematis untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data yang berkaitan dengan pasar, konsumen, dan perilaku pembelian. Riset ini memiliki peran…
Read More
April 30, 2025 in Berita, Frontier Research

KPK Luncurkan Indeks Integritas Pendidikan 2024, Dorong Penguatan Budaya Antikorupsi Sejak Dini

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi meluncurkan Indeks Integritas Pendidikan 2024, hasil dari Survei Penilaian Integritas (SPI) Pendidikan yang mencerminkan kondisi integritas dunia pendidikan dari sisi karakter, ekosistem, dan tata kelola.…
Read More
April 17, 2025 in Berita, Frontier Digital

Email Marketing: Pengertian, Keuntungan dan Tips

Email marketing merupakan salah satu strategi pemasaran digital yang masih sangat efektif digunakan oleh berbagai jenis bisnis. Tapi, sebenarnya apa itu email marketing dan bagaimana cara menjalankannya dengan benar? Secara…
Read More