
Setiap perusahaan sejatinya akan mengidamkan citra yang baik bagi publik. Namun, bagaimana citra yang baik ini dapat diukur? Berdasarkan hal itu, Frontier Group melahirkan Corporate Image Award yang merupakan penghargaan yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan dengan corporate image atau citra perusahaan terbaik di kategori industrinya masing-masing. Penghargaan diberikan berdasarkan hasil survei independen Frontier Group – Divisi Research kepada perusahaan yang memang unggul dalam hal menjaga citra perusahaan mereka.
Pengukuran corporate image ini sudah dimulai sejak tahun 2001. Artinya, Corporate Image Award sudah memasuki usia ke-19 di tahun ini. Hari ini, tanggal 25 Juli 2019 adalah malam penganugerahan Corporate Image Award, hasil dari kerjasama antara Frontier Group dan Majalah Marketing selaku official media partner.
Dalam menentukan pemenang penghargaan, diadakan survei yang ditujukan kepada empat kelompok responden. Mereka adalah: manajemen/pelaku bisnis, stock holder/investor, jurnalis dan masyarakat umum. Jumlah responden yang dilibatkan sebanyak 3000 responden dan terdiri dari 660 untuk panel Publik, 1140 Panel Manajemen, 1020 Panel Investor dan 180 Panel Jurnalis. Survei dilakukan dengan cara face to face interview. Metode pengambilan sampel face to face interview untuk responden manajemen, stock holder/investor dan jurnalis menggunakan purposive sampling dan untuk responden publik menggunakan multistage area random sampling.
Penghargaan Corporate Image Award 2019 terbagi dalam 35 kategori dan akan diberikan kepada lebih dari 100 perusahaan saat malam penghargaan. Perusahaan-perusahaan peraih Corporate Image Award 2019 telah teruji memiliki keunggulan dibanding perusahaan lain, terutama dalam 4 hal yaitu: quality, performance, responsibility dan attractiveness.
Kini, para eksekutif di Indonesia sudah menyadari pentingnya citra perusahaan dan terus meningkatkannya. Hal ini tampak dari berbagai strategi dan program perusahaan yang dijalankan dalam membangun citra positif bagi perusahaan.
Perhatian ini tidaklah berlebihan, karena perusahaan dengan citra baik tentu memperoleh banyak keuntungan. Loyalitas pelanggan lebih terjaga, networking yang lebih kuat, memikat calon karyawan berkualitas dan diyakini menjadi salah satu faktor penentu harga saham perusahaan di bursa. Citra positif perusahaan pada akhirnya akan mendatangkan peluang yang lebih baik dalam meningkatkan profit dan sustainability perusahaan.