
Dalam bisnis, ada istilah yang kemudian menjadi aturan resmi dalam menjalankan sebuah bisnis. Istilah itu sangatlah familiar. Begini bunyinya: “Pelanggan adalah raja”. Namun, pada kenyataannya masih ada perusahaan yang menganggap diri lebih tinggi dari raja mereka. Mereka menganggap pelanggan-lah yang membutuhkan mereka, bukan sebaliknya. Akhirnya, mereka jadi kurang bersemangat dalam melayani pelanggan.
Sejarah Hari Pelanggan Nasional
Dilansir dari laman www.haripelanggan.com, Hari Pelanggan Nasional merupakan cetusan dari sebuah pemikiran dan pendalaman bertahun-tahun tentang memahami tingkah laku perusahaan di Indonesia.
Pakar pemasaran dan CEO Frontier Group, Handi Irawan D. yang menjadi sosok di balik upaya memahami tingkah laku perusahaan ini kemudian memiliki ide untuk menggagas sebuah hari. Hari yang menjadi momen dalam memompa semangat perusahaan-perusahaan untuk melayani pelanggan mereka lebih baik lagi.
Ide ini langsung didukung oleh berbagai pihak, baik dari perusahaan-perusahaan, BUMN serta pemerintah. Terbukti, pada 4 September 2003, Hari Pelanggan Nasional diresmikan oleh Presiden Kelima Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri. Peresmian Hari Pelanggan Nasional tersebut dihadiri oleh sekitar 200 jajaran direksi berbagai perusahaan dan BUMN.
Parade dan Kemeriahan
Ciri khas dari perayaan Hari Pelanggan Nasional adalah kemeriahan dan parade. Setiap tahunnya, Hari Pelanggan Nasional dimeriahkan oleh perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi dalam gerakan masif memuaskan pelanggan ini.
Di tahun 2019, Parade Simpatik Hari Pelanggan Nasional dilakukan pada hari Minggu, 1 September 2019 yang bertepatan dengan Car Free Day. Diikuti oleh lebih dari 4.000 frontliners dari berbagai perusahaan, Parade Simpatik Hari Pelanggan Nasional langsung menjadi pusat perhatian bagi para pelanggan yang berada di area Car Free Day Jakarta.
Lalu, perusahaan-perusahaan yang tidak ikut dalam parade di Jakarta pun turut merayakannya dengan mengadakan aktivitas dan kegiatan di masing-masing kota. Perusahaan mendekorasi kantor mereka untuk menyambut para pelanggan dengan meriah.
Pada momen Hari Pelanggan Nasional, para pelanggan juga akan dilayani langsung oleh para petinggi perusahaan. Misalnya saja Direktur Utama Telkomsel, Ibu Emma Sri Martini dan Direktur Utama Garuda Indonesia, Bapak I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra yang melayani pelanggan mereka langsung.
Promo Bagi Pelanggan
Adapula satu hal yang selalu mengiringi perayaan Hari Pelanggan Nasional: Promo dan penawaran special khusus Hari Pelanggan yang disiapkan oleh para perusahaan. Rata-rata perusahaan akan memberikan diskon bagi produk/layanan mereka saat mendekati Hari Pelanggan Nasional. Misalnya saja yang membuat heboh kemarin, Telkomsel memberikan promo kuota internet 4GB untuk pelanggannya hanya dengan Rp 10 saja.
Trending Topic di Twitter
Rasanya tidak lengkap jika membahas Hari Pelanggan Nasional tanpa exposure di media sosial. Pada tanggal 4 September 2019, tagar #HariPelangganNasional menjadi trending topic urutan kedua di Indonesia selama 4 jam (pukul 11.00 WIB – 15.00 WIB) dan menghasilkan kurang lebih 7.000 tweets.
Masyarakat Twitter menilai #HariPelangganNasional layak dibahas karena memberikan mereka manfaat sebagai pelanggan. Mereka bertukar informasi seputar promo, saling menyampaikan apresiasi kepada pihak penyedia layanan dan interaksi lainnya.
Kesuksesan Hari Pelanggan Nasional 2019 telah menjadi penyemangat bagi perusahaan-perusahaan dalam menghadirkan layanan yang berkualitas bagi pelanggan mereka. Semoga semangat melayani ini dapat terus dipertahankan tidak hanya di Hari Pelanggan saja, karena sejatinya setiap hari adalah Hari bagi Pelanggan.