BeritaFrontier

Hari Inovasi Indonesia 2021: Berinovasi Atau Tewas Di Era Baru

By November 1, 2021 No Comments
Hari Inovasi Indonesia 2021

Apakah kata-kata tersebut berlebihan? Tentu tidak. Inovasi merupakan hal yang esensial bagi perusahaan untuk dapat terus bertahan terlebih lagi di era disruptif seperti saat ini.

Bisnis ataupun perusahaan yang tidak inovatif, sama saja seperti menunggu kematian. Setiap tahun, teknologi terus berkembang dan perilaku pelanggan juga terus berubah. Keduanya sudah pasti menuntut perusahaan untuk melakukan perubahan-perubahan melalui inovasi.

Mari kita berandai-andai sedikit, dengan merek Nokia misalnya. Jika pada tahun 2010 lalu Nokia yang merupakan global market leader mau berinovasi, mungkin saja saat ini kita masih memegang produk ponsel Nokia di tangan kita.

Problem terbesar dari inovasi adalah mindset perusahaan yang merupakan hasil kolektif dari mindset karyawannya. Mindset inilah yang akan menentukan apakah perusahaan memiliki budaya yang inovatif atau tidak. Sama seperti kasus Nokia yang enggan berinovasi sampai akhirnya harus kalah dan tersingkir dalam persaingan.

Hari Inovasi Indonesia

Handi Irawan D., CEO Frontier dan penggagas berbagai penghargaan bergengsi dan hari penting seperti Top Brand Award, Indonesia Customer Satisfaction Award (ICSA) dan Hari Pelanggan Nasional merasa perlu bagi para leader dan pelaku bisnis untuk menumbuhkan budaya inovatif di perusahaan.

Dengan semangat memotivasi perusahaan untuk berinovasi, Handi Irawan D. kemudian menginisiasi Hari Inovasi Indonesia (HII) yang diperingati setiap tanggal 1 November.

Hari Inovasi Indonesia (HII) akan diperingati oleh para individu dan pemilik merek setiap tanggal 1 November. Harapannya adalah terciptanya budaya inovatif, produk inovatif dan layanan inovatif”, ujar Handi Irawan D.

Dilansir dari website laman website resminya, visi dan misi HII yang ingin dicapai adalah sebagai berikut:

Visi: Sebuah hari yang mengingatkan individu, pelaku bisnis dan perusahaan di Indonesia untuk menciptakan budaya inovatif, untuk terciptanya produk dan layanan inovatif untuk kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia.

Misi:

  1. HII mendorong terciptanya mindset untuk melihat inovasi sebagai satu-satunya cara untuk meraih kesuksesan.
  2. HII mendorong agar individu dan pelaku bisnis untuk lebih produktif menciptakan gagasan dan ide-ide yang inovatif.
  3. HII mengingatkan pimpinan para pelaku bisnis untuk memiliki komitmen, mengubah gagasan dan ide yang inovatif menjadi produk dan layanan yang inovatif.

Dukungan Presiden Joko Widodo bagi inovasi di Indonesia

Bertepatan dengan peringatan Hari Inovasi Indonesia di 1 November 2018, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo turut mengajak seluruh kalangan untuk berinovasi. Tidak hanya anak muda saja namun juga BUMN dihimbau untuk berinovasi.

Presiden berujar, “Sudah bukan zaman lagi kayak dulu-dulu BUMN bisa duduk tenang, merasa sudah berada pada posisi nyaman. Perubahan-perubahan ini bisa menggerus kalau kita tidak berhati-hati merespons setiap perubahan”.

“Pilihannya hanya dua, inovasi atau ditinggal. Hanya itu saja”, kata Presiden.

Secara gamblang, Presiden menyiratkan perusahaan sekelas BUMN ataupun multinasional saja dapat tertinggal jika tidak berinovasi. Apalagi perusahaan swasta dan rintisan (startup)?

Semoga dengan adanya Hari Inovasi Indonesia (HII) di tahun 2021, semangat para leader, pelaku bisnis, bahkan karyawan yang menjadi jiwa perusahaan itu sendiri kian terpacu dalam mewujudkan budaya inovatif, melahirkan produk inovatif serta layanan yang inovatif. Selamat Hari Inovasi Indonesia!

Hari Inovasi Indonesia 2021: Berinovasi Atau Tewas Di Era Baru

Apakah kata-kata tersebut berlebihan? Tentu tidak. Inovasi merupakan hal yang esensial bagi perusahaan untuk dapat terus bertahan terlebih lagi di era disruptif seperti saat ini.

Bisnis ataupun perusahaan yang tidak inovatif, sama saja seperti menunggu kematian. Setiap tahun, teknologi terus berkembang dan perilaku pelanggan juga terus berubah. Keduanya sudah pasti menuntut perusahaan untuk melakukan perubahan-perubahan melalui inovasi.

Mari kita berandai-andai sedikit, dengan merek Nokia misalnya. Jika pada tahun 2010 lalu Nokia yang merupakan global market leader mau berinovasi, mungkin saja saat ini kita masih memegang produk ponsel Nokia di tangan kita.

Problem terbesar dari inovasi adalah mindset perusahaan yang merupakan hasil kolektif dari mindset karyawannya. Mindset inilah yang akan menentukan apakah perusahaan memiliki budaya yang inovatif atau tidak. Sama seperti kasus Nokia yang enggan berinovasi sampai akhirnya harus kalah dan tersingkir dalam persaingan.

Hari Inovasi Indonesia

Handi Irawan D., CEO Frontier dan penggagas berbagai penghargaan bergengsi dan hari penting seperti Top Brand Award, Indonesia Customer Satisfaction Award (ICSA) dan Hari Pelanggan Nasional merasa perlu bagi para leader dan pelaku bisnis untuk menumbuhkan budaya inovatif di perusahaan.

Dengan semangat memotivasi perusahaan untuk berinovasi, Handi Irawan D. kemudian menginisiasi Hari Inovasi Indonesia (HII) yang diperingati setiap tanggal 1 November.

Hari Inovasi Indonesia (HII) akan diperingati oleh para individu dan pemilik merek setiap tanggal 1 November. Harapannya adalah terciptanya budaya inovatif, produk inovatif dan layanan inovatif”, ujar Handi Irawan D.

Dilansir dari website laman website resminya, visi dan misi HII yang ingin dicapai adalah sebagai berikut:

Visi: Sebuah hari yang mengingatkan individu, pelaku bisnis dan perusahaan di Indonesia untuk menciptakan budaya inovatif, untuk terciptanya produk dan layanan inovatif untuk kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia.

Misi:

  1. HII mendorong terciptanya mindset untuk melihat inovasi sebagai satu-satunya cara untuk meraih kesuksesan.
  2. HII mendorong agar individu dan pelaku bisnis untuk lebih produktif menciptakan gagasan dan ide-ide yang inovatif.
  3. HII mengingatkan pimpinan para pelaku bisnis untuk memiliki komitmen, mengubah gagasan dan ide yang inovatif menjadi produk dan layanan yang inovatif.

Dukungan Presiden Joko Widodo bagi inovasi di Indonesia

Bertepatan dengan peringatan Hari Inovasi Indonesia di 1 November 2018, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo turut mengajak seluruh kalangan untuk berinovasi. Tidak hanya anak muda saja namun juga BUMN dihimbau untuk berinovasi.

Presiden berujar, “Sudah bukan zaman lagi kayak dulu-dulu BUMN bisa duduk tenang, merasa sudah berada pada posisi nyaman. Perubahan-perubahan ini bisa menggerus kalau kita tidak berhati-hati merespons setiap perubahan”.

“Pilihannya hanya dua, inovasi atau ditinggal. Hanya itu saja”, kata Presiden.

Secara gamblang, Presiden menyiratkan perusahaan sekelas BUMN ataupun multinasional saja dapat tertinggal jika tidak berinovasi. Apalagi perusahaan swasta dan rintisan (startup)?

Semoga dengan adanya Hari Inovasi Indonesia (HII) di tahun 2021, semangat para leader, pelaku bisnis, bahkan karyawan yang menjadi jiwa perusahaan itu sendiri kian terpacu dalam mewujudkan budaya inovatif, melahirkan produk inovatif serta layanan yang inovatif. Selamat Hari Inovasi Indonesia!

Latest News

May 16, 2025 in Berita, Frontier Research

Frontier Research: Marketing Research Agency dengan Produk Andalan, Top Brand Index

Marketing research agency memiliki peran vital dalam membantu bisnis memahami perilaku konsumen, tren pasar, serta kekuatan dan posisi merek di tengah persaingan yang semakin ketat. Di era data-driven seperti saat…
Read More
May 8, 2025 in Berita, Frontier Research

Top 5 Marketing Research Indonesia Terbaik dengan Insight Mendalam

Marketing Research Indonesia - Marketing research atau riset pemasaran adalah proses sistematis untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data yang berkaitan dengan pasar, konsumen, dan perilaku pembelian. Riset ini memiliki peran…
Read More
April 30, 2025 in Berita, Frontier Research

KPK Luncurkan Indeks Integritas Pendidikan 2024, Dorong Penguatan Budaya Antikorupsi Sejak Dini

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi meluncurkan Indeks Integritas Pendidikan 2024, hasil dari Survei Penilaian Integritas (SPI) Pendidikan yang mencerminkan kondisi integritas dunia pendidikan dari sisi karakter, ekosistem, dan tata kelola.…
Read More
April 17, 2025 in Berita, Frontier Digital

Email Marketing: Pengertian, Keuntungan dan Tips

Email marketing merupakan salah satu strategi pemasaran digital yang masih sangat efektif digunakan oleh berbagai jenis bisnis. Tapi, sebenarnya apa itu email marketing dan bagaimana cara menjalankannya dengan benar? Secara…
Read More