Frontier Research

Titik Awal untuk Melakukan Analisa Pasar

By June 8, 2020 No Comments

Salah satu alat untuk membantu menyusun strategi dan membuat keputusan bisnis adalah dengan market research.

Titik awal yang harus menjadi fokus utama dari fase pre-research adalah Anda harus menentukan tujuan penelitian secara akurat alias bukan keputusan yang ‘cap cip cup’. Dalam pergerakan pasar yang cepat saat ini, kemampuan untuk membuat strategi yang efektif berdasarkan data sangatlah penting. Tanpa tujuan yang solid, penelitian akan memiliki resiko yang besar untuk menyimpang dari jalur dan akan menghasilkan temuan yang berantakan.

Customers & competition – Salah satu tujuan market research secara esensial adalah memahami pasar Anda maupun kompetitor Anda! Mencari tahu apa yang sebenarnya diinginkan pelanggan akan membantu Anda meningkatkan produk dan layanan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Disisi lain, menemukan bagaimana kompetitor Anda bekerja, Anda dapat menemukan cara untuk menyusun strategi Anda, meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan Anda, memperluas pasar Anda, bahkan ‘menculik’ pelanggan dari kompetitor Anda.

Mempelajari kompetitor Anda mungkin lebih mudah daripada yang Anda bayangkan. Cobalah untuk menguji berbagai aspek dari kompetisi bisnis. Misalnya, Anda dapat mengumpulkan selebaran dari kompetitor Anda, membandingkan harga dari produk dan layanan mereka, mempelajari materi pemasaran online dan offline mereka, menelpon saluran layanan pelanggan mereka, atau bahkan membeli produk dan layanan mereka untuk memandingkannya dengan bisnis Anda.

Market size – Dalam market research, ada beberapa marketplace yang perlu Anda pahami, diantaranya adalah market size. Semakin besar pasar, semakin banyak juga kompetitor yang Anda miliki! Tentunya Anda tidak ingin kalah saing. Anda harus memastikan produk dan layanan Anda yang menjadi ‘primadona’ agar pelanggan tidak mudah beralih ke produk dan layanan dari kompetitor. Apakah bahwa bisnis Anda mampu untuk meyakinkan pasar pada kualitas produk dan layanan Anda? Sebagai contoh, Apple merupakan produk dengan harga yang cukup tinggi, tapi lihatlah bagaimana pasar bereaksi terhadap produk-produk Apple?

Market trend – Memiliki pengetahuan tentang tren akan membantu Anda untuk memahami apa yang pelanggan sukai? Tren seperti apa yang menarik perhatian pelanggan? Lihatlah smartphone yang Anda gunakan sekarang. Itu adalah bukti bahwa perusahaan terus mempertimbangkan market trend untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan pelanggannya. Ponsel Anda kini memiliki kamera dengan megapixel terbaik, alarm, multicolor alias tidak lagi berlayar kuning ataupun hitam putih, memiliki pilihan aplikasi chatting yang menyenangkan. Ingatlah, jika strategi Anda berhasil saat ini, itu bukan berarti strategi Anda akan berhasil lagi di masa depan! Anda harus selangkah lebih maju, atau paling tidak mengikuti tren yang muncul. Banyak hal berubah di dunia pemasaran dan frekuensinya sangat sering.

Konsultasikan penelitian Anda – Salah satu cara mudah untuk membantu Anda menganalisa pasar Anda untuk meminimalisir dalam membuang-buang waktu dan uang pada strategi yang gagal, yaitu bekerjasama dengan perusahaan riset.  Anda membutuhkan konsultan yang memiliki kemampuan terhadap “research findings” sangatlah penting. Jika tidak, Anda mungkin saja terjebak dalam pemikiran bahwa peningkatan presentase Anda sudah cukup, dimana sebenarnya bisa jauh lebih potensial. Dalam hal ini, peneliti pasar akan menyediakan insight yang jelas dan membantu Anda agar berpikir lebih kompleks dan berbasis pada data yang valid dan up to date sesuai tren saat ini.

Frontier Research sebagai perusahaan riset independen sudah berdedikasi selama lebih dari 23 tahun dalam memberikan consumers’ insights yang handal. Didukung oleh tim peneliti yang profesional dengan pengetahuan dalam terhadap berbagai topik industri. Frontier Research unggul dalam berbagai metodologi penelitian untuk mendukung dan membekali perusahaan Anda dengan data, informasi, dan rekomendasi yang relevan. Menyesuaikan trend survei saat ini, Frontier Research kini menjadikan era-digital untuk mempermudah dan mempercepat penelitian dengan support dari aplikasi-aplikasi online yang memungkinkan mendapatkan real time data penelitian.

Titik Awal untuk Melakukan Analisa Pasar

Salah satu alat untuk membantu menyusun strategi dan membuat keputusan bisnis adalah dengan market research.

Titik awal yang harus menjadi fokus utama dari fase pre-research adalah Anda harus menentukan tujuan penelitian secara akurat alias bukan keputusan yang ‘cap cip cup’. Dalam pergerakan pasar yang cepat saat ini, kemampuan untuk membuat strategi yang efektif berdasarkan data sangatlah penting. Tanpa tujuan yang solid, penelitian akan memiliki resiko yang besar untuk menyimpang dari jalur dan akan menghasilkan temuan yang berantakan.

Customers & competition – Salah satu tujuan market research secara esensial adalah memahami pasar Anda maupun kompetitor Anda! Mencari tahu apa yang sebenarnya diinginkan pelanggan akan membantu Anda meningkatkan produk dan layanan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Disisi lain, menemukan bagaimana kompetitor Anda bekerja, Anda dapat menemukan cara untuk menyusun strategi Anda, meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan Anda, memperluas pasar Anda, bahkan ‘menculik’ pelanggan dari kompetitor Anda.

Mempelajari kompetitor Anda mungkin lebih mudah daripada yang Anda bayangkan. Cobalah untuk menguji berbagai aspek dari kompetisi bisnis. Misalnya, Anda dapat mengumpulkan selebaran dari kompetitor Anda, membandingkan harga dari produk dan layanan mereka, mempelajari materi pemasaran online dan offline mereka, menelpon saluran layanan pelanggan mereka, atau bahkan membeli produk dan layanan mereka untuk memandingkannya dengan bisnis Anda.

Market size – Dalam market research, ada beberapa marketplace yang perlu Anda pahami, diantaranya adalah market size. Semakin besar pasar, semakin banyak juga kompetitor yang Anda miliki! Tentunya Anda tidak ingin kalah saing. Anda harus memastikan produk dan layanan Anda yang menjadi ‘primadona’ agar pelanggan tidak mudah beralih ke produk dan layanan dari kompetitor. Apakah bahwa bisnis Anda mampu untuk meyakinkan pasar pada kualitas produk dan layanan Anda? Sebagai contoh, Apple merupakan produk dengan harga yang cukup tinggi, tapi lihatlah bagaimana pasar bereaksi terhadap produk-produk Apple?

Market trend – Memiliki pengetahuan tentang tren akan membantu Anda untuk memahami apa yang pelanggan sukai? Tren seperti apa yang menarik perhatian pelanggan? Lihatlah smartphone yang Anda gunakan sekarang. Itu adalah bukti bahwa perusahaan terus mempertimbangkan market trend untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan pelanggannya. Ponsel Anda kini memiliki kamera dengan megapixel terbaik, alarm, multicolor alias tidak lagi berlayar kuning ataupun hitam putih, memiliki pilihan aplikasi chatting yang menyenangkan. Ingatlah, jika strategi Anda berhasil saat ini, itu bukan berarti strategi Anda akan berhasil lagi di masa depan! Anda harus selangkah lebih maju, atau paling tidak mengikuti tren yang muncul. Banyak hal berubah di dunia pemasaran dan frekuensinya sangat sering.

Konsultasikan penelitian Anda – Salah satu cara mudah untuk membantu Anda menganalisa pasar Anda untuk meminimalisir dalam membuang-buang waktu dan uang pada strategi yang gagal, yaitu bekerjasama dengan perusahaan riset.  Anda membutuhkan konsultan yang memiliki kemampuan terhadap “research findings” sangatlah penting. Jika tidak, Anda mungkin saja terjebak dalam pemikiran bahwa peningkatan presentase Anda sudah cukup, dimana sebenarnya bisa jauh lebih potensial. Dalam hal ini, peneliti pasar akan menyediakan insight yang jelas dan membantu Anda agar berpikir lebih kompleks dan berbasis pada data yang valid dan up to date sesuai tren saat ini.

Frontier Research sebagai perusahaan riset independen sudah berdedikasi selama lebih dari 23 tahun dalam memberikan consumers’ insights yang handal. Didukung oleh tim peneliti yang profesional dengan pengetahuan dalam terhadap berbagai topik industri. Frontier Research unggul dalam berbagai metodologi penelitian untuk mendukung dan membekali perusahaan Anda dengan data, informasi, dan rekomendasi yang relevan. Menyesuaikan trend survei saat ini, Frontier Research kini menjadikan era-digital untuk mempermudah dan mempercepat penelitian dengan support dari aplikasi-aplikasi online yang memungkinkan mendapatkan real time data penelitian.

Latest News

May 16, 2025 in Berita, Frontier Research

Frontier Research: Marketing Research Agency dengan Produk Andalan, Top Brand Index

Marketing research agency memiliki peran vital dalam membantu bisnis memahami perilaku konsumen, tren pasar, serta kekuatan dan posisi merek di tengah persaingan yang semakin ketat. Di era data-driven seperti saat…
Read More
May 8, 2025 in Berita, Frontier Research

Top 5 Marketing Research Indonesia Terbaik dengan Insight Mendalam

Marketing Research Indonesia - Marketing research atau riset pemasaran adalah proses sistematis untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data yang berkaitan dengan pasar, konsumen, dan perilaku pembelian. Riset ini memiliki peran…
Read More
April 30, 2025 in Berita, Frontier Research

KPK Luncurkan Indeks Integritas Pendidikan 2024, Dorong Penguatan Budaya Antikorupsi Sejak Dini

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi meluncurkan Indeks Integritas Pendidikan 2024, hasil dari Survei Penilaian Integritas (SPI) Pendidikan yang mencerminkan kondisi integritas dunia pendidikan dari sisi karakter, ekosistem, dan tata kelola.…
Read More
April 17, 2025 in Berita, Frontier Digital

Email Marketing: Pengertian, Keuntungan dan Tips

Email marketing merupakan salah satu strategi pemasaran digital yang masih sangat efektif digunakan oleh berbagai jenis bisnis. Tapi, sebenarnya apa itu email marketing dan bagaimana cara menjalankannya dengan benar? Secara…
Read More